Sunday, January 1, 2012

Pendekatan Perancangan Evaluasi (IMK)

Pendekatan Perancangan Evaluasi - Interaksi Manusia dan Komputer (tugas kuliah)
terdiri atas;
Evaluasi Eksperimen
Merupakan metode klasik dengan pendekatan statistik.

Faktor-faktor eksperimental seperti :
1. Subject : siapa merepresentasikan keterkecukupan contoh.
a) Pemilihan subjek.
b) Harus setepat mungkin dengan keinginan user.
c) Subjek yang dipilih harus sama usia dan tingkat pendidikannya sesuai dengan kelompok user yang dimaksud.
d) Ukuran sample yang dipilih kebanyakan ditentukan dengan pertimbangan pragmatis, kehandalan user yang terbatas juga harus cukup besar untuk mewakili populasi yang diambil dalam eksperimen perancangan dan metode statistika yang dipilih.

2. Variabel : sesuatu untuk dimodifikasi dan ukuran.
a) Variabel independen : karakteristik suatu ekperimen manipulasi untuk menghasilkan kondisi yang berbeda sebagai perbandingan. Contoh: Jenis interface, level dari help, jumlah item menu dan perancangan ikon.
b) Variabel dependen : variable yang dapat diukur dalam eksperimen. Contoh variabel independen adalah kecepatan dari pemilihan menu.

3. Hipotesis : apa yang ingin ditujukan
a) Merupakan prediksi yang dihasilkan dalam eksperimen
b) Masih menggunakan variabel independen akan menyebabkan perbedaan pada variabel dependen.
c) Untuk menunjukan bahwa perkiraan benar dengan menyangkal adanya hipotesis null yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan dalam variabel.
d) Nilai hasil dapat dibandingkan dengan tingkat kepercayaan.

4. Desain eksperimental : bagaimana cara melakukannya.
a) Between - Groups (Rendomized)
  • Masing - masing subjek diberi kondisi yang berbeda
  • Keuntungan perancangan ini adalah setiap user menghasilkan satu kondisi
  • Kerugiannya adalah dengan semakin banyaknya jumlah subjek yang tersedia maka akan menyebabkan hasilnya berkurang dan perbedaan antar setiap individu akan membuat hasilnya menjadi bias.
b) Within - Groups
  • Setiap user akan menampilkan kondisi yang berbeda
  • Jumlah user yang tersedia lebih sedikit
  • Pengaruh dari subjek lebih sedikit
Variabel yang digunakan terbagi dalam :
1. Variabel Diskrit : Menggunakan jumlah yang terbatas dari suatu nilai atau tingkatan. Contoh warna layar monitor, yakni merah, hijau, atau biru.
2. Variabel Kontinu : Menggunakan jumlah berapapun (batas atas maupun bawah). Contoh ketinggian seseorang atau waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Teknik Observasi
Think Aload
Menjelaskan apa yang mereka percaya terjadi, mengapa mereka mengambil tindakan, apa yang mereka coba kerjakan. Think aload mempunyai keuntungan, yakni sederhana, membutuhkan sedikit pengetahuan untuk menampilkannya, dan menyediakan pengertian yang berguna dengan interface. Juga dapat digunakan untuk observasi bagaimana sistem digunakan.


Teknik Query
Ada dua tipe teknik query :
1. Wawancara
Merupakan suatu analisis yang dilakukan dengan menanyai user satu demi satu, biasanya berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan sebelum wawancara dilakukan. Kelebihan dari metode ini adalah bahwa pertanyaan dapat divariasikan sesuai konteksnya. Isu dapat dieksplorasi lebih jauh dan pandangan user bisa diperoleh dan permasalahan tak terantisipasi dapat dikenali. Kekurangannya adalah sangat subjektif dan memakan waktu yahng lama.
2. Kuesioner
Kuesioner merupakan sekumpulan pertanyaan yang sudah pasti yang diberikan kepada pengguna. Kelebihannya, cepat dan dapat mencapai kelompok pengguna yang besar dan dapat dianalisis lebih teliti. Kelemahannya, kurang fleksibel dan kurang teliti (faktor waktu dan pekerjaan user)

Gaya pertanyaan yang umum digunakan untuk suatu kuesinoner :
1. Umum : pertanyaan untuk mengetahui latar belakang user dan memasukkannya kedalam subjek populasi.
2. Open - ended : pertanyaan yang membutuhkan jawaban atau opini sendiri, berguna untuk mengumpulkan informasi subjektif secara umum tetapi sulit untuk dianalisis.
3. Skala : user diminta memutuskan pertanyaan tertentu berdasarkan skala angka, biasanya berhubungan dengan setuju atau tidak terhadap pertanyaan.
4. Pilihan ganda : responden diberikan pilihan respon secara eksplisit dan hanya boleh memilih satu atau sebanyak yang diperlukan.
Misal : Software apa yang pernah anda gunakan?
Pengolah Data         ...
Basis Data               ...
Spreadsheet            ...
System Pakar          ...
System help online  ...
Kompilator              ...
4. Ranking : mengurutkan item dalam daftar dan berguna untuk mengidentifikasikan preferensi user.
Untuk mengurangi kesalahan dari responden, sebaliknya digunakan pertanyaan tertutup seperti pertanyaan scalar, rangkin atau pilihan ganda.

No comments:

Post a Comment