Tuesday, May 8, 2012

toleransi komunikasi

Minimnya komunikasi adalah hal yang paling bisa membuat pasangan salah paham. "Aku percaya kamu." Kalimat itu terkadang tidak berarti apa-apa saat minim nya komunikasi berjalan. Jika dua orang sudah membuat komitmen untuk bersama, ada hal-hal yang menjadi topik "kita". Bukan selalu sekedar, ini tentang saya dan ini tentang anda. Tapi ini tentang kita.
Tentang fungsiku  terhadapmu. Fungsi sebagai seorang kekasih. "Aku ingin menjadi orang pertama yang tahu keadaanmu. Setiap kegiatanmu, setiap perkembanganmu, tentang duniamu PERHARINYA."
Mungkin sebagian orang menganggap ini berlebihan. Tapi buatku tidak. Aku juga tidak mengharapkan komunikasi berlebihan yang setiap detik. Kita belum dipisahkan benua dan waktu kan? Kita masih ada pada terbit dan terbenamnya matahari pada saat yang sama kan? Aku sibuk, mungkin kamu lebih sibuk.
Aku hanya tidak suka kalau orang lain yang lokasinya sama denganku saat jauh darimu, tetapi orang itu tahu lebih dulu  tentang keadaanmu. Bukan karena pengertianku habis tentang hal ini, tapi aku rasa banyak wanita yang merasakan sepertiku.
Bahkan aku pernah melihat beberapa pasangan, salah satu wanita/pria nya tidak lama memutuskan hubungan hanya karena "kita tuh bukan kaya pacaran. waktu komunikasi kita sedikit. lebih baik kita teman biasa aja, karena gak ada bedanya." Kalau udah kaya gini siapa yang disalahkan? Kurang pengertiankah? Egoiskah? atau tidak ada toleransi satu sama lain? check your self.
Aku sudah mengenalmu bertahun-tahun, semarah apapun aku akan sifatmu dan sebagaimanapun aku menjauh darimu, aku kembali lagi padamu bukan? Dan kamu pun begitu sebaliknya. Coba tanya kenapa?
Ada ketulusan dan kerelaan seiring dengan berjalannya waktu masing-masing dari kita untuk menerima satu sama lain. Kita sama-sama saling membutuhkan. Tapi ada kalanya kalau aku mengeluh akan sifatmu, aku harap kamu mengerti. Dan aku pasti akan mengerti jika ada hal lain yang kamu keluhkan kepadaku. Bukan aku tidak menerima semua sifatmu, tapi hidup itu juga diatas penilaian orang lain bukan? Diatas penilaian ku yang kamu anggap penting dalam hidupmu. Ini bukan semata tentang aku, tapi tentang kita dan saling toleransi. Agar kita tetap bertahan ditahun-tahun berikutnya dan tumbuh bersama :)

No comments:

Post a Comment