Friday, December 16, 2011

'Nyasar' di Bali

Dan pada akhirnya gue pun menginjakan kaki di Bali...

***
Gue : "Udah mah gak usah nganter aku juga gak apa-apa ko, aku naik taksi nya sendiri aja."
Mama : "Gak apa-apa mama anterin aja. Mama mau liat orang-orang nya siapa aja yang ikut, nanti kalo kamu sendirian, bengong, terus kamu tidur lagi di bandara, eh ditinggal."
Gue : "Yakali mah beneran begitu -_____-"
Itu sedikit percakapan antara gue dan mama tentang keberangkatan gue pada hari H ke Bali. Habis subuh gue dilarang tidur lagi karena takut telat dan gue ditinggal pesawat. Padahal gue bilang kalo take off nya jam 09.55, tapi jam 1/2 7 mama udah nyuruh gue buat berangkat. Bukan cuma sampe turun dari taksi aja gue dianterin ke bandara nya, tapi sampe gue ketemu sama temen-temen baru yang lain (nominator yang lain dan orang Vivanews) , bahkan tadinya mama mau nungguin gue sampe gue cek-in hahaha. Tapi akhirnya mama bilang, "Kayanya cuma kamu yah yang dianterin sama keluarga, hehe. Mama pulang dulu yah masih ada kerjaan. Kamu udah ada temennya ini disini." Ngerasa jadi anak mami banget gue saat itu yang ditungguin sama orang tua, yang gak mau anaknya kenapa-kenapa hahah. Tapi tapi tapiii makasih banget yah Ma buat perhatiannya, buat ikutan sibuknya bantuin persiapan selama akan di Bali :*

Alhamdulillah banget, gak nyangka bisa jadi 10 besar nominator "World's AIDS Day Blog Competition" yang diselenggarakan oleh VivaNews dan Australian AIDS. Padahal postingan itu adalah postingan 'iseng-iseng', awalnya gue ngeliat timeline twitter @VIVAnews yang bilang kalo ada lomba postingan blog tentang HIV/AIDS (intinya begitu lah ya pokoknya) nah pas banget gue abis mendapat tugas kuliah Etika UMB disuruh buat makalah tentang lembaga kesehatan atau masalah sosial yang lagi marak dibicarakan. Dan yang gue buat itu adalah tentang Aids. Yaudah gue masukin ke blog dan gue kirim deh. Tadi nya juga blog ini adalah blog pribadi yang orang-orang disekeliling gue tuh gak ada yang tau. Eh sekarang jadi banyak yang tau, postingan galau-galau nya di simpen di draft deh jadinya, ahaahhaha :D

***

Acara HIV/AIDS Blog Competition Field Visit ini berlangsung selama 3 hari. Mulai dari tanggal 6 - 8 Desember 2011. Jadwal kunjungan udah dibagiin ke kami (nominator) 3 hari sebelum keberangkatan. Dan susunan acaranya emang cukup padat. Gak banyak waktu luang untuk kita jalan-jalan free, jam bebas gitu (emang di setting buat kunjugan ke tempat yang berhubungan sama kegiatan kali woy!)
Sesampainya di Hotel Santika Kuta, cek-in kamar lalu gue berbincang-bincang sedikit sesama nominator, salam perkenalan.
ini tempat tidurnya, dan gue harus tidur sendiri #eh

Seru ngobrol sama mereka, meski baru kenal tapi gak ada yang canggung gimana gitu, hehe. Sore hari nya kita kunjunga ke Yayasan Spiritia Paramacitta, sebuah lembaga yang bergerak dalam penanggulangan HIV/AIDS, sampai sekitar jam 6 sore kita disana. Lalu kembali ke hotel untuk makan malam dan setelah itu ternyata udah gak ada kegiatan lagi! (tuing! dalam otak gue langsung berpikir, "wah asik nih bisa jalan-jalan" eheheh) kita dikasih waktu untuk istirahat karena keesokan hari nya baru jadwal yang cukup padat. Kita akan ada jadwal kunjugan mulai dari jam 8 pagi sampai jam 1 pagi dini hari keesokan hari berikutnya, yaitu ke KPA (Komisi Penganggulangan AIDS) - PKBI (Perkumpulang Keluarga Berencana Indonesia) - KISARA (Kita Sayang Remaja) - Gaya Dewata - Hospot Transgender.

Karena gak mau membuang waktu dan menyianyiakan kesempatan selama disana, gue langsung mengajak temen-temen yang lain buat jalan-jalan. Cuma Mba Ruri dan Mba Vina yang gak ikut jalan-jalan malem ini, mereka bilang cape mau istirahat (kalo gue sih on terus, hahai). Akhirnya gue dan temen-temen didampingi oleh Mba Dyah,  dia tour guide kita dari Panorama Tour (kalo gak ada Mba Dyah, cewe nya cuma gue yang ikut jalan-jalan,  huakakak -_-)

chandra - gue - eki - fadel (nungguin mba ruri dan mba vina yang ternyata gak jadi ikut)
Pertama kita jalan ke Pantai Kuta, cukup jauh sekitar berapa ratus meter. No matter how far the distance, but the heart still happy and then the body would be willing haha. Meskipun malem gue kesana nya, cuma gelap dan kembang api yang menemani dan gak bisa ngeliat pemandangan indah siang/sore hari, tapi setidaknya gue udah ngerasai tuh desiran angin dan cium pasir pantai kuta. Bahahaha :D

anggap aja Rahmat nya gak ada :D
Gak berapa lama di Pantai Kuta, lalu kita diajak muter ke Legian. Dimana disana terdapat Monumen Peringatan Bom Bali 2006 yang terdapat ratusan nama korban. Sepanjan jalan menuju kesana, banyak club/bar sepanjang jalan, hahaha oh my X_X.
Fadel - Rahmat - Chandra - Aziz - Lingga - Gue - Eki. Photo by Mba Dyah
makin malem makin banyak gaya :D
Karena malam makin larut dan mengingat jadwal padet esok hari, akhirnya kita putusin untuk balik ke hotel. Jalur balik yang kita lewatin aga berbeda, kita melewati uluwatu. Berhubung udah malem toko-toko udah pada tutup semua deh, padahal kan kalo masih buka gue bisa nyolong waktu buat belanja gitu booo' hehe.

***

Hari kedua ini adalah inti dari kunjungan kita ke Bali. Kita pergi ke KPA - PKBI Bali - Kisara - Gaya Dewata - Hospot Transgender (aga scary, tapi seru). Disini gue banyak mendapat pengalaman dan pengetahuan tentang AIDS/HIV dan interaksi langsung dengan para ODHA. Meskipun bukan ke tempat-tempat wisata yang banyak para turis asing kunjungin, tapi gak kalah menarik perjalanan hari kedua ini. Edukasinya dapet, jalan-jalan muterin Bali juga dapet..

Terima kasih Vivanews, terima kasih AUSAID yang udah kasih kesempatan langka ini ke gue, gak akan pernah gue lupain dan akan gue jadiin ini sebagai awal gue menulis yang lebih bermanfaat, hehe.
Masih banyak sebenernya yang bisa gue ceritain. Tunggu cerita-cerita selanjutnya yaaahhh, see you :D